ZAMAN PRA AKSARA

Selasa, 06 Desember 2011

Zaman pra aksara adalah Zaman manusia belum mengenal tulisan. Zaman pra aksara disebut juga zaman nirleka.
Zaman pra aksara berlangsung sejak manusia belum mengenal tulisan sampai manusia mengenal tulisan.
Para Ahli membaginya menjadi 4 babak perkembangan bumi, yaitu :

1.    Zaman Azoikum
Zaman ini berlangsung kurang lebih 2.500 juta tahun yang lalu. Pada zaman ini Bumi masih berupa bola gas yang sangat panas.

2.    Zaman Paleozoikum
Zaman ini berlangsung kurang lebih 340 juta tahun yang lalu. Pada zaman ini mulai ada tanda-tanda kehidupan. Seperti hewan bersel satu, hewan-hewan kecilyang tidak bertulang pungggung, jenis ikan dan jenis ganggang atau rumput-rumputan. Zaman ini juga disebut zaman primer.

3.    Zaman Mesozoikum
Zman ini berlansung kurang lebih 140 juta tahun yang lalu. Pada zaman ini mulai muncul pohon-pohon besar dan hewan yang hidup di darat dan iklim mulai membaik dengan curah hujan rendah. Beberapa jenis amphibi menjadi besar, bentuknnya berubah, sisknya menjadi besar-besar, telurnya keras, dan munculnya reptile raksasa, seperti dinosaurus.

4.    Zaman Neozoikum
Zaman ini berlansung kurang lebih 65 juta tahun yang lalu. Zaman ini dibagi menjadi 2, yaitu :

a)    Zaman Tersier
Pad zaman ini jenis reptile berkurang, jenis kera mulai berkembang, jenis hewan menyusui ( mamalia ) berkembang lebih sempurna dan muncul jenis kera manusia. Zaman ini dibagi menjadi beberapa masa, yaitu :
·       Paleosen
·       Eosen
·       Oligosen
·       Miosen
·       Pliosen

b)   Zaman Kwarter
Zaman ini berlansung kurang lebih 600.000 tahun yang lalu. Zaman  ini dibagi menjadi 2, yaitu :
ü Kala Pleistosen
Kala ini merupakan kala yang sangat penting, karena sudah muncul manusia purba. Keadaan alm pada masa ini masih liar dan labil karena silih bergantinya 2 zaman, yaitu
·       Zaman glasial
Zaman dimana meluasnya lapisan es kutub di utara sehingga Eropa dan Amerika bagian utara tertutup es. Sedangkan yang jauh dari kutub terjadi hujan lebat selama bertahun-tahun. Permukaan air laut turun disertai dengan naiknya permukaan bumi diberbagai tempat.
·       Zaman intrglasial
Zaman-zaman di antara 2 zaman es. Temperature naik sehingga lapisan es di kutub utara mencair, akibatnya permukaan air laut naik dan menyebabkan banjir besar diberbagai tempat. Hal ini menyebabkan banyak daratan terpisah oleh laut dan selat.
Pada kala Pleistosen hanya hewan yang berbulu tebal yang mampu bertahan hidup, salah satunya adalah mammouth (gajah berbulu tebal). Sedangkan hewan yang berbulu tipis pindah ke derah tropis.

ü Kala Holosen
Pada awal kal Holosen, sebagaian besar es kutub utara sudah lenyap,sehingga air laut naik lagi. Manusia purba mulai musnah, dan munculnya manusia cerdas ( homo sapiens ) seperti manusia sekarang.

0 komentar:

Posting Komentar